HOUSTON – Kolombia berhasil mengamankan tempat di perempat final Copa America Centennial (CAC) pada tahun 2016 meskipun kalah oleh Kosta Rika dengan skor 2-3. Para finalis, Kolombia mengantisipasi bentrokan dengan Brasil di perempat final.

Tampil di Stadion Houston NRG, Minggu (2016/12/06) Kolombia telah melihat tak berdaya dari putaran pertama. Mereka bahkan telah tertinggal sejak menit kedua setelah Johan Venegas mampu mengekstrak gawang yang dijaga oleh Robinson Zapata.

Lima menit kemudian, Frank Fabra menyamakan skor 1-1, tapi sebelum babak pertama berakhir Kosta Rika bisa lagi ke depan. Fabra mencetak bunuh diri tepatnya pada menit 34.

Kosta Rika tampaknya semakin tertentu, yang meningkatkan jarak menjadi dengan gol ketiga di babak kedua. Tepatnya di menit ke-58, gol yang Celso Borges membuat mental melemahkan pemain Kolombia.

Kolombia itu bersedia untuk menjaga defisit dengan mencetak 73 menit melalui aksi Marloes Bru. Namun gol itu bertahan hingga wasit meniup panjang berbulu José Argote (Venezuela).

Meski kalah 2-3, Kolombia lolos ke perempat final sebagai runner-up Grup A. Kolombia lolos dengan AS benar-benar kelompok pertama.

Di perempat final, Kolombia kemungkinan berbenturan dengan Brasil. Jika Brasil memenuhi syarat sebagai kelompok pertama, Kolombia akan bertemu dengan favorit sebagai pemenang turnamen.

Pembentukan Kolombia vs Kosta Rika

Kolombia (4-3-3): Zapata; Medina, Mina Aguilar (Juan Cuadrado 66 ‘), Fabra; Perez Sanchez Celis; Dayro Moreno (Edwin Cardona 46), Martinez (James Rodriguez 46 ‘), Marloes Moreno
Backup: Square, Roa, Bonilla, Ospna, Arias Díaz Torres Murillo, Bacca, James Cardona

Kosta Rika (5-4-1): Pemberton; Salvatierra (Bryan Oviedo 46 ‘) Waston, Acosta, Calvo, Matarrita; Bolaños Azofelia Borges (Yeltsin Tejeda 78), Ruiz; Venegas
:. Backup Carvajal, Manusia, Oviedo, Campbell, Granados, Tejeda, Woodly, Moreira